Mengenal Sistem Karyawan di Indonesia, Definisi, Jenis Tenaga Kerja dan Contohnya

Outsourcing dapat membawa manfaat besar bagi bisnis Anda. Tetapi ada risiko dan tantangan yang signifikan ketika bernegosiasi dan mengelola hubungan outsourcing. Di sini, kami merinci semua yang perlu Anda ketahui untuk memastikan inisiatif outsourcing IT Anda berhasil.

Apa itu outsourcing? Pengalihdayaan adalah praktik bisnis di mana layanan atau fungsi pekerjaan diberikan kepada pihak ketiga. Dalam teknologi informasi, inisiatif outsourcing dengan penyedia teknologi dapat melibatkan serangkaian operasi. Mulai dari keseluruhan fungsi TI hingga komponen yang terpisah dan mudah ditentukan, seperti pemulihan bencana, layanan jaringan, pengembangan perangkat lunak, atau pengujian QA.

Mengenal Sistem Karyawan di Indonesia, Definisi, Jenis Tenaga Kerja dan Contohnya

Perusahaan dapat memilih untuk melakukan outsourcing jenis tenaga kerja dan contohnya. Seperti layanan TI di darat di negara mereka sendiri. Dekat pantai (ke negara tetangga atau satu di zona waktu yang sama), atau lepas pantai (ke negara yang lebih jauh). Outsourcing dekat pantai dan lepas pantai secara tradisional dilakukan untuk menghemat biaya.

Mengalihdayakan Manfaat dan Biaya

Kasus bisnis untuk outsourcing bervariasi menurut situasi, tetapi manfaat dari outsourcing seringkali mencakup satu atau lebih hal berikut ini:


  • Biaya lebih rendah karena skala ekonomi atau tingkat tenaga kerja lebih rendah
  • Peningkatan efisiensi
  • kapasitas variabel
  • peningkatan fokus pada strategi / kompetensi inti
  • akses ke keterampilan atau sumber daya
  • peningkatan fleksibilitas untuk memenuhi perubahan kondisi bisnis dan komersial
  • mempercepat waktu ke pasar
  • menurunkan investasi berkelanjutan dalam infrastruktur internal
  • akses ke inovasi, kekayaan intelektual, dan kepemimpinan pemikiran
  • kemungkinan masuknya uang tunai yang dihasilkan dari transfer aset ke penyedia baru

Apa Kegunaan Outsourcing untuk Jenis Tenaga Kerja?


Pengalihdayaan proses bisnis (BPO) adalah istilah umum untuk pengalihdayaan tugas proses bisnis tertentu, seperti penggajian. BPO sering dibagi menjadi dua kategori BPO back-office. Yang mencakup layanan terkait pelanggan seperti pemasaran atau dukungan teknis. Outsourcing teknologi informasi (ITO), oleh karena itu, adalah bagian dari outsourcing proses bisnis.

Outsourcing IT jelas berada di bawah domain CIO. Namun, CIO sering akan diminta untuk terlibat dalam  atau bahkan mengawasi -proses bisnis non-ITO dan upaya outsourcing proses pengetahuan juga. CIO disadap bukan hanya karena mereka sering mengembangkan keterampilan dalam outsourcing. Tetapi juga karena pekerjaan proses bisnis dan pengetahuan yang di-outsourcing-kan sering berjalan seiring dengan sistem dan dukungan TI.

Mengalihdayakan Fungsi TI

Secara tradisional, fungsi-fungsi TI yang dialihdayakan telah jatuh ke dalam salah satu dari dua kategori outsourcing infrastruktur dan outsourcing aplikasi. Pengalihdayaan infrastruktur dapat mencakup kemampuan meja layanan, pengalihdayaan pusat data, layanan jaringan, operasi keamanan terkelola, atau manajemen infrastruktur keseluruhan.

Pengalihdayaan aplikasi dapat mencakup pengembangan aplikasi baru, pemeliharaan sistem lama, pengujian dan layanan QA, serta implementasi dan manajemen perangkat lunak yang dikemas. Namun, dalam dunia berkemampuan cloud saat ini. Outsourcing IT juga dapat mencakup hubungan dengan penyedia perangkat lunak, infrastruktur dan platform sebagai layanan.

Model dan harga outsourcing IT

Model yang sesuai untuk layanan TI biasanya ditentukan oleh jenis layanan yang disediakan. Secara tradisional, sebagian besar kontrak outsourcing ditagih berdasarkan waktu dan bahan atau harga tetap. Tetapi karena layanan alih daya telah berkembang dari sekadar kebutuhan dan layanan dasar ke kemitraan yang lebih kompleks yang mampu menghasilkan transformasi dan inovasi, pendekatan kontraktual telah berkembang untuk mencakup layanan terkelola dan pengaturan berbasis hasil yang lebih banyak.

Demikian ulasan dari artikel kami mengenai outsourcing definisi jenis kerja dan contohnya. Semoga bermanfaat!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Sistem Karyawan di Indonesia, Definisi, Jenis Tenaga Kerja dan Contohnya"

Posting Komentar